Kamis, 26 November 2020

MAKRO FOTOGRAFI


MAKRO FOTOGRAFI



    Fotografi makro sebenarnya bukan sesuatu yang mahal lagi, karena sudah banyak alat-alat aksesoris fotografi yang cukup murah untuk  membantu dalam pembuatan sebuah foto makro. Foto Makro mengambil adalah objek yang kecil seperti binatang kecil atau obyek kecil lainnya untuk mengeksplorasi detail dan tekstur yang tidak tampak jelas secara kasat mata. Misalkan kita ingin memotret seekor lalat, secara kasat mata kita tidak dapat melihat secara detail tekstur lalat tersebut, tetapi jika di foto secara makro, maka tekstur tubuh lalat tersebut akan terlihat detail di foto.

Alat Yang Dibutuhkan Untuk Fotografi Makro
                – Kamera
                – Lensa Kamera
                – Alat Tambahan
                – Lampu Flash Eksternal
                – Flash Trigger
                – Mini Tripod


Kamera

Jelas kita membutuhkan alat ini, karena alat vitalnya adalah kamera. Khususnya kamera SLR atau DSLR, Baik Kamera Canon ataupun Nikon. DSLR adalah singkatan dari Digital Single Lens Reflect.

Lensa Kamera

Lensa kamera juga merupakan alat vital, untuk menggunakan dalam foto makro adalah menggunakan Lensa Tele Macro 70-300mm. Baik Canon maupun Nikon. Tapi biasanya saya menggunakan Lensa Tamron for Nikon, karena kamera saya Nikon.

Tripod

Tripod, akan kita gunakan sebagai alat tambahan. fotografi makro membutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi, gerakan sekecil apapun bisa berdampak pada foto makro yang kita ambil, untuk mengatasinya kita bisa menggunakan mini tripod.

Teknik dan Tips Fotografi Makro

Persiapan Pemotretan Fotografi Makro
Sebelum kita mulai sesi pemotretan, kita harus mantapkan niat kita terlebih dahulu. Karena membuat foto makro bisa dibilang gampang-gampang susah. Setelah kita sudah niat, baru kita siapkan alat-alat yang dibutuhkan.

Pasang lensa seperti biasa terlebih dahulu. Kemudian setting diafragma atau bukaan lensa dengan menggunakan nilai F kecil, misal F/5.6. Saat pemotretan Fotografi Makro
jika sudah memperoleh objek foto yang akan di foto makro, usahakan pelan-pelan dan tidak terburu-buru. Jika Obyek tersebut binatang kecil seperti lalat atau nyamuk, pasti jika kita dekati akan terbang, jadi usahakan pelan-pelan dan jangan melakukan gerakan yang mendadak.

Saran saya menggunakan speed minimal 1/320, agar goncangan pada lensa tidak terlalu besar. kecepatan atau speed 1/320 adalah titik aman dalam pemotretan Fotografi Makro. Untuk ISO-nya sendiri bisa menggunakan 200-600. Mungkin Foto Makro tidak sekali jepret jadi, tetapi beberapa kali jempret dan kita ambil yang paling bagus, foto di bawah saya ambil saat belajar Fotografi Makro, memang gampang-gampang susah, tetapi jika ada niat dan terus belajat pasti kita bisa.


Sumber : gunturmultimedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LENSA MAKRO

  LENSA MAKRO Lensa jenis ini sepertinya sudah banyak pembahasan di internet atau di forum-forum fotografer. Jadi seperti yang telah umu...