Sabtu, 21 November 2020

LANDSCAPE PHOTOGRAPHY


LANDSCAPE PHOTOGRAPHY



Landscape Photography adalah salah satu jenis fotografi yang menangkap pemandangan alam dengan sudut pandang yang luas. Fotografi pemandangan atau foto landscape menampilkan ruang-ruang di dunia ini yang luas dan tak berujung. Foto lanskap umumnya akan menampilkan alam karena masuk dalam kategori nature photography (lihat di artikel Jenis-Jenis Fotografi). Tetapi tak jarang sebenarnya banyak foto landscape yang juga menampikan benda atau bangunan buatan manusia.

Salah satu ciri lain landscape photography adalah minimnya atau bahkan hampir tidak adanya unsur manusia yang beraktifitas di dalamnya. Kosong dari manusia dan murni hanya alam saja dengan subjek seperti bentukan lahan, cuaca dan cahaya sekitar yang sangat jelas.

Landscape photography umumnya akan memasukkan ke dalam foto unsur-unsur alami hamparan tanah, pegunungan, langit dan perairan di kejauhan. Waktu pengambilannya dilakukan pada saat siang hari saat cahaya matahari masih melimpah untuk mendapatkan pencahayaan yang maksimal. Meski tak jarang bisa dilakukan pada pagi, sore atau malam hari dengan teknik yang lebih sulit, tetapi hasilnya umumnya lebih dramatis.

Foto pemandangan yang memiliki unsur buatan manusia seperti ladang, kebun dan arsitektur, dapat dianggap masuk kategori jenis fotografi “landscape”, asal dengan porsi yang tidak dominan dibandingkan unsur alamnya.


Sumber : rumorkamera.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LENSA MAKRO

  LENSA MAKRO Lensa jenis ini sepertinya sudah banyak pembahasan di internet atau di forum-forum fotografer. Jadi seperti yang telah umu...