Senin, 16 November 2020

Human Interest Photography

Human Interest Photography



Human Interest Photography adalah aktivitas fotografi yang dilakukan oleh seorang fotografer yang menunjukan kehidupan seorang manusia, dengan menggambarkan emosi, kondisi perasaannya hingga aktivitas subjek yang mungkin dapat membangkitkan empati orang yang melihat foto tersebut. Sebenarnya, fotografi HI termasuk bagian dari journalism photography karena aktivitasnya yang fokus mengabadikan momen dan pengalaman manusia. Momen ini tidak saja menggambarkan suasana hati sang subjek tetapi juga interaksinya dengan lingkungan dan orang lain.

 

Perbedaan utama genre yang satu ini dengan genre fotografi yang lain adalah unsur manusianya yang selalu hadir dan ada dalam setiap foto yang dihasilkan. Saat fotografi HI masih termasuk dalam photography journalism penggunaanya lebih banyak untuk visualisasi koran, majalah atau untuk pemberitaan di media massa lain seperti Buletin. Kini tidak lagi. Penggunaan fotografi HI lebih luas lagi, misalnya untuk tujuan pameran seni, dipampang di galeri atau untuk tujuan komersil.

 

Disisi lain, penerapan HI photography ini lebih condong ke individu atau seseorang dan tidak melibatkan unsur kelompok manusia. Salah satu tokoh yang berperan penting dalam Human Interest Photography adalah Dorothea Lange, yang memulai kegiatan fotografi HI sejak tahun 1930 hingga akhir hayatnya.

Sumber : bungkul.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LENSA MAKRO

  LENSA MAKRO Lensa jenis ini sepertinya sudah banyak pembahasan di internet atau di forum-forum fotografer. Jadi seperti yang telah umu...