Selasa, 01 Desember 2020

PANNING FOTOGRAFI

PANNING FOTOGRAFI

Panning Fotografi adalah sebuah teknik fotografi yang dilakukan dengan jalan menggerakkan kamera sesuai dengan arah gerak obyek yang menjadi target. Hasil yang diharapkan dari penggunaannya adalah sebuah foto panning, yaitu foto dimana obyek yang ditargetkan menjadi tajam/jelas, sementara latar belakangnya menjadi blur atau kabur.

Berbeda dengan “freezing” dimana obyek yang menjadi sasaran terlihat beku dan tidak bergerak, penggunaan teknik panning memiliki kelebihan, yaitu “kesan” bahwa obyek dalam foto tetap dalam kondisi bergerak.

Meskipun terdengar dan terlihat rumit dan serius, seperti banyak hal lain dalam fotografi, teknik panning sebenarnya sederhana. Yang diperlukan adalah kesabaran dan banyak latihan untuk mengasah feeling, melatih kelenturan tangan dalam mengikuti obyek, dan memilih waktu yang tepat menekan tombol shutter.

Setting Kamera :

  • Pergunakan Auto-Fokus (AF). Jangan Manual karena obyek yang bergerak tidak menyisakan waktu untuk melakukan perubahan secara manual. Biarkan kamera yang menentukan
  • Jangan pergunakan tripod. Butuh keluwesan tangan untuk mengikuti obyek yang bergerak sampai ke titik dimana tombol shutter ditekan
  • Pergunakan Shutter Priority Mode (kode Tv atau S, tergantung kamera). Penggunaan mode Auto cenderung menghasilkan foto yang “beku”.
  • Gunakan Shutter Speed 1/15 – 1/30.
  • Usahakan untuk menggunakan Image Stabilizer untuk mengurangi goncangan yang dapat menyebabkan objek menjadi kabur atau blur.

Sumber : fotografi.lovelybogor

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LENSA MAKRO

  LENSA MAKRO Lensa jenis ini sepertinya sudah banyak pembahasan di internet atau di forum-forum fotografer. Jadi seperti yang telah umu...